ignaaa

Selamat datang di personal blog saya, tempat di mana saya berbagi pandangan, pengalaman, dan pemikiran pribadi. Melalui tulisan-tulisan saya, Anda akan menjelajahi dunia melalui lensa saya, mulai dari perjalanan inspiratif hingga refleksi mendalam tentang kehidupan sehari-hari. Bersama-sama kita akan merayakan keunikan dalam cerita, gagasan, dan pandangan yang dihadirkan dalam setiap postingan.

Top Ads

Panduan Lengkap Cara Membuat Artikel / Postingan Blogger

Author
Published Februari 15, 2016
Panduan Lengkap Cara Membuat Artikel / Postingan Blogger
Pada update sebelumnya, anda telah mempelajari perihal beberapa fungsi dan pengaturan awal yang terdapat pada dashboard blog, sekarang kita akan membahas perihal bagaimana cara membuat postingan / artikel di blog.

Daftar Isi
  1. Mulai membuat postingan baru
  2. Menu Toolbar pada antarmuka pembuatan postingan (Post Editor)
  3. Tentang mode penulisan post
  4. Settings / Pengaturan post
  5. Publikasikan post

1. Mulai membuat postingan baru

Untuk mulai membuat postingan, klik pada tombol "Entri Baru" yang terdapat pada Dashboard blog > Postingan.


Akan terbuka antarmuka pembuatan postingan (Post Editor) menyerupai yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Antarmuka Post Editor Blogger

2. Menu / Toolbar post

Pada gambar dibawah, menu-menu yang didalam box merah yakni menu-menu toolbar yang mampu anda gunakan dalam membuat postingan yang menarik. Menu-menu toolbar ini menyerupai misalnya mengatuur rata text, memasukkan gambar, video, link dan lain sebagainya.


Hampir semua fungsi menu yang terdapat pada toolbar ini saya yakin telah anda kuasai. Ya, ini tidak jauh berbeda dengan toolbar yang terdapat pada aktivitas Microsoft Office Word. Oleh alasannya itu, sebagian besar dari menu ini tidak perlu lagi saya jelaskan secara mendalam. Cara penggunaan beberapa menu dasar ini juga sama dengan Microsoft Office Word.

2. Mode penulisan post

Untuk pertama, akan kita pahami dulu perihal mode penulisan post, yaitu Compose dan HTML. Anda dapat beralih antar 2 mode ini sesuai kebutuhan.

2 Mode penulisan post


Mode Compose

Pada mode ini, anda hanya mampu membuat posting dengan memanfaatkan menu-menu toolbar post. Misalnya saja menyerupai insert gambar, link, atur rata text (alignment) dan lain sebagainya.

Mode HTML

Mode HTML pada penulisan post memungkinkan anda untuk dapat membuat postingan dengan menggunakan aba-aba HTML.

Saat anda membuat apapun pada mode compose, ketika anda beralih ke mode HTML, apapun yang telah anda buat pada mode compose akan diterjemahkan (dikonversi) kedalam format HTML. Sebaliknya, apapun yang telah anda buat menggunakan mode HTML, ketika anda beralih ke mode compose, itu akan diterjemahkan kedalam bentuk / format tampilan yang sebenarnya. Untuk lebih jelasnya, disini saya contohkan membuat sebuah text berwarna melalui mode compose. Berikut yakni tampilan pada kedua mode:

Mode Compose

Mode HTML

Pada proses awal berguru (dimana anda masih belum mengerti perihal tag-tag HTML), mode Compose sejatinya sudah lebih dari cukup untuk membuat postingan yang menarik. Seiring dengan bertambahnya jam blogging anda, lambat-laun anda juga akan terbiasa dan mengerti perihal tag-tag HTML.


4. Pengaturan Posting

Sekarang kita mulai meninjau beberapa menu yang terdapat pada bab pengaturan post (Setelan Entri).

Post Editor: Setelan Entri

Label Post

Kita mulai pada menu pengaturan label. Secara sederhana, ini yakni fitur yang digunakan untuk mengelompokkan post kedalam kategori tertentu. Umumnya pengelompokkan ini sesuai dengan tema / topik dari post yang dibuat. Disini, anda mampu memilih / menggunakan beberapa kategori (lebih dari satu kategori).

Untuk lebih mudahnya, berdasarkan judul post yang dibuat (Tutorial membuat postingan di blogspot), kita mampu membuat satu kategori yang ditentukan berdasarkan jenis post. Dalam kasus ini, berdasarkan judul tersebut, jenis post ini mampu kita kategorikan sebagai "Tutorials Blog". Jika anda hendak membuat satu kategori lagi, anda mampu membuat kategori berdasarkan (misalnya) tingkatan atau level. Untuk post dengan judul "Tutorial membuat postingan di blogspot", level tutorial ini mampu dikatakan masih sangat dasar. So, kita buat satu kategori lagi yang diambil berdasarkan level dengan nama "Dasar".


Jika kategori yang akan dibuat lebih dari satu, pisahkan dengan tanda koma.


Jadwal

Ini digunakan untuk mengatur waktu publikasi (penerbitan) post. Pada pengaturan ini, Ada 2 pilihan yang tersedia:
  1. Otomatis:
    Post akan secara otomatis diterbitkan ke blog begitu anda mengklik tombol "Publikasikan".
  2. Setel tanggal dan waktu:
    Pilihan ini memungkinkan anda untuk dapat menentukan waktu secara manual kapan post akan diterbitkan (terjadwal). Fitur ini bahkan mampu mengatur waktu penerterbitan post menjadi lebih awal (sebelum dikala ini).


Penjadwalan post


Tautan Permanen

Pada bab ini, anda mampu membuat / menyesuaikan url posting yang akan diterbitkan.
  1. Tautan Permanen Otomatis
    Membiarkan sistem blogger membuat (generate) url untuk postingan anda secara otomatis. Url yang dibuat akan diambil berdasarkan judul post, lebih tepatnya berupa kombinasi beberapa kata (awal) yang terdapat pada judul post. Pada kebanyakan kasus (apa lagi untuk judul post yang agak panjang, menyerupai judul post pada rujukan misalnya), url yang dihasilkan secara otomatis ini tampak kurang bagus. Tidak semua kata dalam judul post akan disertakan pada url. Oleh alasannya itu, disarankan untuk membuat tautan permanen secara khusus.
  2. Tautan Permanen Khusus
    Fitur ini memungkinkan anda untuk dapat membuat / menyesuaikan url post yang akan diterbitkan. Disarankan untuk menggunakan slash (-) sebagai pemisah kata.

Tautan Permanen

Untuk Url "http://wiblogger-tutorialsblog.blogspot.com/2017/09/panduan-membuat-postingan.html", cukup ketikkan "panduan-membuat-postingan". Untuk bab url yang saya tandai dengan warna merah, ini akan di-generate secara otomatis sesuai dengan tahun dan bulan penerbitan post.


Lokasi

Bisa anda isi dengan negara yang akan menjadi target blog anda. Atau di skip saja juga tidak persoalan (tidak ditentukan).

Pengaturan lokasi


Deskripsi Penelusuran

Untuk deskripsi penelusuran, menu ini tidak akan tersedia bila anda tidak mengaktifkan Tag meta deskripsi pada pengaturan preferensi penelusuran yang telah dilakukan pada Materi 4: Pengaturan awal untuk blog baru sebelumnya.

Isi bab deskripsi penelusuran ini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan topik postingan anda.


Pada umumnya, pengguna mesin pencari (Misal: Google.com) akan melihat-lihat deskripsi ini sebelum mereka memutuskan untuk membaca / membuka link halaman secara penuh. Oleh alasannya itu, buatlah deskripsi yang relevan (sesuai) dengan isi postingan. Sampaikan juga dengan cara yang menarik perhatian (namun tetap relevan).

Pilihan

Beberapa pengaturan yang mampu anda sesuaikan disini adalah:
  1. Komentar pembaca
    Opsi untuk "mengaktifkan" atau "menonaktifkan" ketersediaan komentar untuk post yang akan diterbitkan.
  2. Mode Tulis
    Pengaturan ini hanya berlaku untuk mode compose. Secara default, pilihan ini yakni "Tunjukkan HTML apa adanya", ini artinya, bila anda menulis suatu format HTML pada mode compose, format ini akan tetap ditampilkan menyerupai apa adanya. Misal bila anda menulis <b>Bold Text</b> pada menu compose, dikala artikel anda diterbitkan, text yang ditampilkan tetap <b>Bold Text</b> (bukan Bold Text). Sebaliknya, bila anda memilih "Tafsirkan HTML yang diketik", dikala anda menulis <b>Bold Text</b> pada mode compose, begitu artikel diterbitkan, text yang akan ditampilkan yakni Bold Text bukan <b>Bold Text</b>.

    Untuk mudahnya, biarkan saja pengaturan ini tetap pada keadaan default "Tunjukkan HTML apa adanya". Anda cukup beralih ke mode HTML untuk menulis post menggunakan tag HTML.
  3. Baris baru:
    Berbeda dengan pengaturan Mode Tulis, bila pengaturan Mode Tulis hanya berlaku pada mode compose, pengaturan Baris Baru ini hanya berlaku untuk mode HTML.

    Saat pertama kali anda membuat post, pengaturan baris gres yang akan terpilih yakni "Gunakan tag <br/>" (Tag HTML untuk membuat baris baru). Jika pengaturan ini tetap dibiarkan secara default, dikala anda menggunakan mode HTML, setiap baris gres yang anda buat menggunakan tombol Enter akan diabaikan (tidak akan berfungsi). Anda harus mengetikkan <br/> untuk membuat baris baru. Untuk pengaturan ini, biarkan secara default.



TAMBAHAN:
Seperti yang telah saya sampaikan pada awal tutorial cara membuat blog, blog ini akan kita gunakan hanya untuk keperluan latihan saja. Oleh alasannya itu, untuk keperluan beberapa latihan terkait post baik itu pada halaman ini maupun pada halaman panduan yang akan anda jumpai nanti, sangat disarankan anda menggunakan teks yang telah siap. Anda mampu menggunakan teks Lorem Ipsum untuk keperluan ini.

Singkatnya, ini merupakan standar teks yang mampu kita gunakan untuk aneka macam keperluan demo / testing. Selain akan mempermudahkan proses latihan, menggunakan teks ini juga untuk menghindari terdeteksinya spam oleh sistem blogger. Dengan teks ini, sedikit banyak blogger bakalan tau kalau blog yang kita gunakan hanya untuk latihan, bukan untuk spam ^_^.

Jika pada proses latihan pembuatan post ini anda membuat beberapa post (atau banyak) yang isinya tidak terang / tidak berkualitas (misal isinya cuma satu kalimat saja), ada resiko dimana blog yang digunakan akan terdeteksi sebagai blog spam dan pada akhirnya, blog dan akun blogger anda akan dihapus oleh sistem blogger ^_^. Oleh alasannya itu, gunakan teks yang telah menjadi standar untuk halaman-halaman demo atau latihan. Berikut teks yang mampu anda gunakan:

Copy teks Berikut:


Gunakan text / paragraf diatas untuk aneka macam latihan anda (termasuk untuk panduan ini). Anda juga mampu membuat / men-generate lebih banyak paragraf melalui: http://www.lipsum.com.

Terkait apa itu Lorem Ipsum, manfaatkan pencarian google untuk bertanya ^_^.

5. Publikasikan post

Setelah semua telah anda sesuaikan (Judul post, isi / content, setelan, dll), Klik "Publikasikan" untuk menerbitkan postingan pada blog.


Tambahan:
Tombol "Simpan" yang terdapat pada gambar diatas berfungsi untuk menyimpan post ke draf. Post yang disimpan ke draf tidak akan / belum dipublikasikan ke blog. Gunakan ini bila anda merasa masih ada yang perlu diperbaiki, Anda mampu melaksanakan editing dilain waktu.

Pada keadaan default, dikala anda menerbitkan postingan, akan muncul popup membuatkan ke google plus. Kurang lebih terlihat menyerupai gambar dibawah ini.


Pengaturan untuk mode share ke google plus ini mampu anda ubah menjadi "Otomatis" atau "Nonaktif" melalui menu Setelan > Postingan, komentar dan berbagi > Bagikan ke Google+.



Sekarang, setelah post berhasil dipublikasikan, kunjungi halaman utama blog anda dengan mengklik "Lihat blog" atau mengetikkan url blog secara manual pada address kafe browser.


Dapat anda lihat bahwa blog yang tadinya masih kosong (belum terdapat artikel) kini telah memiliki satu artikel yag telah diterbitkan. Untuk mengunjungi halaman postingan secara penuh, klik "Baca selengkapnya".

Tampilan post pada halaman utama blog

Tampilan post secara penuh

Sumur: www.wiblogger.com

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021