ignaaa

Selamat datang di personal blog saya, tempat di mana saya berbagi pandangan, pengalaman, dan pemikiran pribadi. Melalui tulisan-tulisan saya, Anda akan menjelajahi dunia melalui lensa saya, mulai dari perjalanan inspiratif hingga refleksi mendalam tentang kehidupan sehari-hari. Bersama-sama kita akan merayakan keunikan dalam cerita, gagasan, dan pandangan yang dihadirkan dalam setiap postingan.

Top Ads

Rentannya indikasi tindak penipuan di web jual beli terkemuka

Author
Published Januari 11, 2018
Rentannya indikasi tindak penipuan di web jual beli terkemuka
Tulisan ini hanya share pengalaman dan lebih ke ngeluarin unek-unek saja sebenarnya tentang indikasi tindak penipuan di web jual beli terkemuka di indonesia. 
Ceritanya beberapa minggu terkahir ini saya sedang mencari Smartphone dengan klasifikasi low-end, mengapa begitu? Karena memang budget untuk itu juga saya cuma menganggarkan -+ 1,5jt. Maka dimulailah kan cari-cari info harga, spesifikasi dll. Pencarian awal saya mulai dari la**da, busalapas dan tokosedia yang notabene website jual beli terkemuka di indonesia. Alasan lain karena di awal tahun biasanya banyak promo awal tahun dan launching beberpa product, cari cari cari dan pilihan di jatuhkan ke salah satu produk smartphone asal tiongkok yang baru launching akhir tahun 2017 kemarin. Namun ada beberapa hal menarik yang saya jumpai di sini, dari ke tiga web tersebut selalu ada produk dengan harga yang jomplangnya gak karu-karuan, liat saja (ss dari salah satu web tersebut tadi):
Produk Sponsor harga fantastis
Coba perhatikan dari gambar yang di berikan kotak merah, harga nyamnyung J5 cuma 1.100ribu rupiah dan harga Note8 1,5Jt. Fantastic bukan?. Penasaran buka link nya satu-satu, dan jreng-jreng. 
Samsung Galaxy J5 Pro Rp. 1.100.000,-
Samsung Galaxy J5 Pro Rp. 1.100.000,-
Nyamsang J5Pro harga Rp. 1.1JT? hahaha sudah sangat jelas sekali ini hal yang tidak mungkin saat ini. coba lihat lagi ss berikutnya: 

Samsung Galaxy Note8 Smartphone

Dan OMG harga note pitu harga 1.5jt.. Sampe lebaran India dateng pun pasti susah dapetin harga segitu!. 
Dari situ saya akhirnya baca full detail dan di temukan kata-kata "kami tidak menerima order melalui la**da.. bla.. bla.. blaa.." Lah terus ngapain situ pasang jualan di web ini?
Oke sampe situ cukup? Ya cukup untuk memastikan itu adalah indikasi penipuan. Tapi permasalahanya web ini web jual beli terkemuka di negeri ini, yang harusnya bisa lebih jeli untuk meminimalisir kemungkinan penipuan, itu penting untuk menjaga reputasi web jual beli kalian. Penasaran pengen tau apa tanggapan web tersebut? (ss hasil chat dengan CS)

ss Chat pertama

ss chat kedua

ss Chat ketiga
Dan hasilnya sungguh mencengangkan buat saya. Coba perhatikan SS chat yang ke tiga, ada kata-kata "baik kak kami mohon maaf ya kak atas perihal tersebut. Kami mengucapkan terima kasih untuk masukan dan respons yang kakak berikan" -- geleng.. geleng.. geleng.. 

Apa artinya?

Kesimpulan paling gampang dari chat terakhir diatas adalah "Bahwa mereka tidak memiliki filter yang baik untuk menyeleksi calon reseler, pelapak atau apalah namanya" dengan kata lain mereka mengandalkan masukan-masukan dari customer/calon customer untuk hal hal seperti itu. Nah kalau tidak ada yang laporin trus udah ada yang terlanjur beli.. amsyong dah hahaha. 
Web jualan besar looh, terkemuka, reputasinya baguss loooh!!
Maka dari itu, berhati-hatilah dalam berbelanja online, teliti dahulu keterangan sebelum memutuskan membeli, kalau bisa lakukan chat dengan penjual atau pemilik web. 
Ternyata tidak ada filter yang bagus dari yang punya web jualan terkemuka tersebut, jadi siap-siap aja buat KETIPU!!

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021