ignaaa

Selamat datang di personal blog saya, tempat di mana saya berbagi pandangan, pengalaman, dan pemikiran pribadi. Melalui tulisan-tulisan saya, Anda akan menjelajahi dunia melalui lensa saya, mulai dari perjalanan inspiratif hingga refleksi mendalam tentang kehidupan sehari-hari. Bersama-sama kita akan merayakan keunikan dalam cerita, gagasan, dan pandangan yang dihadirkan dalam setiap postingan.

Top Ads

Bagaimana cara memainkan game-game populer di linux?

Author
Published Juli 19, 2018
Bagaimana cara memainkan game-game populer di linux?
Dilema terbesar dari setiap pengguna Linux akhirnya terjawab. 

Memainkan game-game populer di linux
Beberapa hari yang lalu saya mendapat kunjungan dari seorang teman dekat yang sama-sama berkecimpung di dunia IM (internet  marketing), dimana dulu sebelum akhirnya terjung ke dunia IM kami sering sekali memainkan game-game berbasis windows, di sela-sela obrolan dia cerita baru saja install Linux di laptopnya yang baru. Saya sangat senang dan merasa excited sekali mengingat dalam pandangan saya Operating System besutan om Linus Torvalds ini adalah Sistem Operasi terbaik. Tetapi, satu-satunya kendala yang menjadi kekurangan adalah kemampuan untuk menjalankan permainan (games). Para pengguna windows yang akhirnya beralih ke linux kebanyakan tidak nyaman karena tidak dapat memainkan game-game yang disenanginya di Linux OS. 

Jika kamu juga adalah salah satu yang berpandangan bahwa memainkan game di linux itu hal yang mustahil, maka kamu salah besar. Pada dasarnya semua yang bisa dikerjakan di Windows Os sebenarnya bisa dan sangat mungkin juga dilakukan di Linux termasuk Game. Jadi anda sekarang merasa penasaran bagaimana caranya?

Well, silahkan baca sampai tuntas tulisan Panduan Linux Gaming ini.

Tipe game yang support Linux

Hal pertama yang harus kamu ingat baik-baik di fikiran kamu adalah bahwa Permainan bisa dimainkan di Linux. Tetapi, pertanyaanya adalah tipe-tipe game apa saja yang bisa dimainkan di linux? Faktanya linux dapat mendukung lima tipe-tipe permainan: 
  • Native Linux Game, 
  • Windows Games
  • Browser Games
  • Terminal Games
  • Retro Games

Native Linux Games

Adalah permainan yang sudah di support langsung oleh OS itu sendiri. Game ini dapat di install langsung di Sistem karena game-game tersebut pada dasarnya memang sengaja di disain khusus untuk para pengguna linux. 

Pertanyaan selanjutnya adalah dimana kita bisa mendapatkan Native Games?

Kamu bisa mendapatkan native Linux Games di Steam, GOG.com, Portable Linux games, Software Repo, Dritf Game Store, Linux database game  dan Penguspy. Semua platform ini memiliki segudang permainan untuk memuaskan jiwa permainan Anda.

Windows game di linux

Jika Anda khawatir tentang bermain game Windows favorit Anda di Linux, baik, jangan karena ada beberapa opsi lain. Anda dapat mencoba menjalankan sebagian besar permainan menggunakan Wine, lapisan kompatibilitas yang memungkinkan Windows mendukung program untuk berjalan di Linux. Pilihan lain adalah PlayOnLinux, versi Wine yang mudah digunakan. Dan, kemudian ada Crossover, versi berbayar dari Wine.

Jika semua ini tidak berhasil, Anda dapat menginstal mesin virtual Windows di mesin Linux Anda.

Terminal Games

Pilihan lain untuk bermain game ada di terminal. Ini kurang grafis tetapi menarik karena mereka mendukung grafik ASCII sederhana. Anda dapat memainkan banyak game termasuk Tetris di terminal.

Browser games

Selain menginstal game asli dan Windows pada sistem Linux Anda, Anda juga dapat memainkan game browser. Ini dapat mencakup game mulai dari Facebook hingga game role-playing online besar-besaran (MMORPG).

Retro games

Jika Anda suka bermain game nostalgia lama, maka Linux adalah platform yang sempurna. Anda dapat memainkan game retro di Linux menggunakan Steam. Pilihan lain adalah dengan meniru game PC MS-DOS di DOSBox. Anda bahkan dapat menuju ke https://archive.org/details/software untuk game-game klasik lainnya.

Semoga Anda menikmati permainan di Linux. Untuk cerita yang lebih menarik, teruslah membaca. 

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021